Yuk Berkenalan Dengan Pemrograman Web HTML 5


HTML5 adalah versi terbaru dari HTML (Hypertext Markup Language). Tahap awal untuk pengembangan HTML5 dimulai pada tahun 2004 oleh WHATWG(Web Hypertext Application Technology Working Group) yang telah dikembangkan oleh David Hyatt dari Apple dan Ian Hickson dari Google, Inc. Ada beberapa fitur dalam versi terbaru yang telah dilaksanakan di berbagai browser Web.

Sebuah platform open source yang dapat dikerjakan telah ditujukan untuk diproduksi oleh HTML5, yang dapat digunakan oleh beberapa vendor di seluruh internet. Akibatnya, semua orang dapat memiliki akses ke pengembangan aplikasi baru. Beberapa browser utama yaitu Internet Explorer, Safari, Google Chrome dan Mozilla Firefox saat ini mendukung beberapa fitur dari HTML5.

HTML5 versi terbaru telah dipertimbangkan sebagai platform baru untuk kemampuan streaming video ke dalam aplikasi browser. JavaFX, Adobe Flash dan Microsoft Silverlight usang adalah beberapa potensi plug-in yang dapat digunakan dengan bahasa ini. Muncul diberkahi dengan banyak fitur menarik seperti:

Teknologi Canvas: Telah diciptakan oleh Apple merek terkenal dengan fitur 2-D gambar berbasis browser. Untuk menggambar grafik pada halaman web, JavaScript telah digunakan. Berikut adalah beberapa metode menggambar seperti lingkaran, jalan, kotak, karakter dan gambar yang telah digunakan oleh elemen kanvas.

Web video: hari ini, video yang paling ditunjukkan oleh plug-in seperti Flash.HTML5 termasuk cara standar dengan elemen video untuk kualitas video.

Audio di web: sebagian besar, semua audio yang dimainkan menggunakan plug-in seperti Flash sedangkan, HTML5 menunjukkan elemen audio standar untuk memutar file suara.

Penyimpanan web: Ada dua metode yaitu penyimpanan sesi dan penyimpanan lokal digunakan untuk menyimpan data tanpa efek kinerja website.

Selain perkenalan untuk HTML5, API (Application Programming Interfaces) perlu  diuraikan  oleh HTML5. Ini termasuk fitur seperti browser sejarah manajemen elemen, kanvas untuk mode tarik gambar langsung 2D, dan drop, tipe MIME dan protokol pendaftaran handler, waktunya media pemutaran, Microdata, penyimpanan database offline, mengedit dokumen, dokumen lintas pesan dan lebih jauh lagi.
Fitur HTML5
HTML5 ini dilengkapi dengan fitur baru yang memberikan kekuatan untuk merancang halaman web yang menarik dari yang mungkin telah pernah dirancang sebelumnya dengan HTML saja. Berikut adalah beberapa fitur utama dalam HTML5 bahwa Anda akan menemukan berguna:

  1. Playback video dan drag-and-drop, yang tergantung pada pihak ketiga plug-in browser seperti Microsoft Silverlight dan Adobe Flash.
  2. Beragam atribut baru dan elemen yang mengungkapkan penggunaan efektif pada situs web modern.
  3. Melalui antarmuka standar, ia menyediakan fungsionalitas multimedia baru dari
  4. Mengurangi penggunaan plugin seperti Flash.
  5. API (Application Programming Interfaces) terbaru telah ditetapkan dalam HTML5 yang mencakup penyimpanan database offline, elemen kanvas untuk menggambar 2D modus langsung, waktunya media pemutaran, Cross-dokumen pesan, mengedit dokumen, browser manajemen sejarah, drag-and-drop, Microdata , tipe MIME dan protokol penangan pendaftaran dll
  6. Kompresi dan user-friendly API.
  7. Fleksibilitas dalam menangani sintaks salah.
  8. Rinci aturan untuk lexing dan parsing.
  9. Lanjutan dukungan bahasa.
  10. Selain ini, ada beberapa fitur lain dimuat di HTML5 seperti contentEditable, elemen Stylable, kanvas untuk menggambar elemen, geo-location, Formulir Web 2.0, server mengirim DOM Acara, hyper-threading untuk browser Web, cache aplikasi, klien- sisi penyimpanan dan lebih jauh lagi.
  11. Lokal off-line penyimpanan untuk dukungan yang lebih baik.
  12. Format seperti tanggal, waktu, kalender, email, url, pencarian telah ditambahkan.
  13. Penyimpanan lokal dan penyimpanan sesi dua metode baru yang digunakan untuk menyimpan data.

Baru-baru HTML5 telah menjadi pusat fokus untuk merancang dan mengembangkan website. Hal ini sedang dipertimbangkan sebagai standar baru HTML, HTML DOM dan XHTML.

  1. Hal ini dapat memutar file audio-video dan mendukung berbagai format.
  2. HTML5 termasuk dokumen-dokumen interaktif yang berfungsi untuk grafis embedding.
  3. HTML 5 bukan merupakan rekomendasi W3C belum
  4. Telah memulai fitur Canvas yang menggunakan JavaScript untuk menggambar grafik pada halaman web dan berguna untuk mengontrol piksel.


Salah satu karakteristik dari HTML5 termasuk penyimpanan metode: penyimpanan lokal dan lama sesi penyimpanan. Data tidak diteruskan oleh setiap permintaan server, tetapi digunakan hanya ketika minta. Jadi, ini memungkinkan untuk menyimpan sejumlah besar data tanpa mempengaruhi kinerja situs web.

Selain fitur di atas, beberapa tag baru telah diperkenalkan dalam HTML dan beberapa tag yang telah usang yang sebelumnya digunakan dalam HTML seperti , ,
, , dan sebagainya. Beberapa tag baru yang telah ditambahkan di HTML5 adalah , ,
,
, , ,


0 Response to "Yuk Berkenalan Dengan Pemrograman Web HTML 5"

Post a Comment