Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Web


Apa Itu Website?
World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini Internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW. WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP).dimana dengan menggunakan HTTP dapat membuat user untuk mengakses suatu halaman web melalui protocol TCP/IP menjadi lebih mudah.
Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/ dilihat/ diterjemahkan dengan Internet Browser dimana Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi.

 Web Browser
Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang me-request dokumen-dokumen dari komputer-komputer yg terkoneksi internet (server) di seluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pd window browser.Browser menampilkan sesuai instruksi (format) HTML yg dibuat pd dokumen tsb.

Kategori Web
1. Web Statis
Website ini merupakan website yang isi tampilannya selalu sama dan tidak akan pernah berubah kapan pun kita melihatnya dimana tampilannya selalu tetap dan tidak terkoneksi dengan database.(jika tidak di-update). Website ini hanya memungkinkan user untuk melihat isi dan informasi website tersebut tanpa bisa melakukan interaksi. yang bisa dilakukan user hanyalah mengklik image dan link yang ada untuk berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain. Website ini biasanya hanya berisi tag-tag HTML murni, CSS dan java script sebagai scripting language-nya.

2. Web Dinamis
Website yang isi tampilannya tidak statis. Website ini dibagi menjdi 2 bagian yaitu :
(i)       Client Side Technology Client side Technology adalah teknologi web programming dimana script dijalankan komputer client, tanpa berinteraksi dengan server. Di client slide teknlogi ini, code script sangat bergantung pada browaser yang digunakan. Contoh script : java script, VB script, ActiveX Contorl, Java Applets.
(ii)     Server Side Technology Server Side Technology adalah teknologi web dimana script dijalankan di server, kemudian hasil dari pemrosesan itu kemudian dikirimkan ke client (browser) dalam bentuk HTML murni sehingga bisa ditampilkan oleh pengguna.
        Keunggulan Server Side Technology : - Tidak tergantung pada browser - lebih aman, karena script diserver tidak bisa dilihat browser - waktu load lebih cepat karena yang didownload adalah dokumen HTML murni.
        contoh script : PHP, ASP (Active Server Page), CGI (Common Gateway Interface).

Mengapa harus menjadi Web Master
Web Master adalah salah satu bidang pekerjaan yang saat ini sedang di buru oleh seluruh orang di dunia, di karenakan pekerjaan ini tidak membutuhkan tenaga ekstra, hanya tinggal duduk manis di depan komputer dan mengerjakan proyek yang di berikan client, selain itu di dukung oleh reward yang menggiurkan pula.

Persiapan
1. Kebutuhan Hardware
Seperangkat PC/Laptop.

2. Kebutuhan Software
Browser, Server Web, Web Editor Contoh :Notepad/Notepad++, Dreamweaver, Data Base.

Pengenalan HTML
1. Sejarah
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

(a)     Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
(b)     Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi ( ISO 8879 ) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML ( Standard Generalized Markup Language ).
ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

2. Versi
HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993). HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).

¨       HTML 2.0 — (RFC 1866) 22 September 1995,
¨       HTML 3.2 — 14 Januari 1996,
¨       HTML 4.0 — 18 Desember 1997,
¨       HTML 4.01 (minor fixes) — 24 Desember 1999,
¨       ISO/IEC 15445:2000 ("ISO HTML", berdasar pada HTML 4.01 Strict) — 15 Mei 2000.

¨       HTML 5 ( Yang akan pelajari)


0 Response to "Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Web"

Post a Comment