Bahasa Pemrograman Erlang


Erlang adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Ericsson. Beberapa dekade lalu, Ericsson membutuhkan suatu bahasa pemrograman yang bisa memciptakan aplikasi-aplikasi dengan performa yang tinggi, high availability, near zero downtime, untuk digunakan pada operasional industri telekomunikasi. Setelah meneliti bahasa-bahasa yang ada waktu itu, tidak ada 1 pun yang memenuhi kriteria yang diinginkan, sehingga Ericsson memutuskan untuk menciptakan Erlang.
Erlang adalah bahasa pemrograman yang berparadigma fungsional.  Bahasa yang berparadigma fungsional sangat berbeda dengan bahasa yang berparadigma prosedural seperti C atau OO seperti C++ atau Java. Pada bahasa yang berparadigma fungsional, fungsi memegang peranan yang dominan. Salah satu contohnya adalah fungsi dapat menjadi parameter fungsi lain atau menjadi return dari fungsi lain. Paradigma fungsional cenderung lebih ekspresif dibandingkan prosedural atau OO yang berfokus kepada ‘langkah-langkah’.
Erlang digunakan untuk menciptakan aplikasi-aplikasi ‘server-side’ yang sangat reliable, high-perfomance, dan scalable. Satu contoh, aplikasi AXD301 dari Ericsson yang menggunakan Erlang mencapai 99,9999999% uptime. Artinya AXD301 dalam setahun hanya down selama kurang lebih 30 millisecond. Bayangkan, dalam 1 tahun, tidak sampai 1 detik! Contoh lainnya, aplikasi mobile chatting WhatsApp juga menggunakan Erlang. Untuk setiap mesin server WhatsApp, dapat menangani 1 juta koneksi dari Client, dan setiap satu server baru ditambahkan, berarti Server dapat menangani 1 juta client lagi.

0 Response to "Bahasa Pemrograman Erlang"

Post a Comment